Simetri Pada Bunga

Posted by Nursaptia Purwa Asmara on Tuesday, March 17, 2015 with 1 comment
Simetri adalah suatu benda atau badan yang juga biasa disebut untuk bagian-bagian tugun tumbuhan (batang, daun, maupun bunga) jika benda tadi oleh sebuah bidang dapat dibagi menjadi dua bagian sedemikian rupa, sehingga kedua bagian itu saling dapat menutupi. Jadi seandainya bidang itu dijadikan tempat untuk melipat, maka benda tadi dapat dijadikan suatu benda yang setangkup atau simetris. Dapat pula dikatakan demikian: bidang pemisah tadi dapat dianggap merupakan sebuah cermin datar dan bagian yang satu merupakan bayangan cermin bagian yang lainnya. Bidang yang dapat dibuat untuk memisahkan suatu benda dalam dua bagian yang satu sama lain merupakan bayangannya dalam cermin datar tadi disebut bidang simetri.

Bunga sebagai suatu bagian tubuh tumbuhan dapat pula mempunyai sifat tersebut di atas, dan maka bunga dapat berupa:
  1. Asimetris atau Tidak Simetris, jika pada bunga tidak dapat dibuat satu bidang simetri dengan jalan apapun juga. Misalnya Bunga Tasbih (Canna hybrida Hort.).
  2. Setangkup Tunggal (monosimentris atau zygomorphus), jika pada bunga hanya dapat dibuat satu bidang simetri saja yang membagi bunga menjadi dua bagian yang setangkup. Sifat ini dilambangkan dengan  (anak panah). Bunga Setangkup Tunggal dapat dibedakan menjadi 3 macam:
    1. Setangkup Tegak, jika bidang simetrinya berimpit dengan bidang median. Misalnya Bunga Telang (Clitoria ternatea L.).
    2. Setangkup Mendatar, jika bidang simetrinya tegak lurus pada bidang median, dan tegak lurus pula pada arah vertikal. Misalnya Bunga Corydalis.
    3. Setangkup Miring, jika bidang simetrinya memotong bidang median dengan sudut yang lebih kecil (lebih besar) dari 900. Misalnya Bunga Kecubung (Datura metel L.).
  3. Setangkup Menurut 2 Bidang (bilateral simetri atau disimetri), yaitu bunga yang dapat dijadikan 2 bagian yang setangkup menurut 2 bidang simetri yang tegak lurus satu sama lain. Misalnya bunga tumbuhan suku (Cruciferae), contohnya Bunga Lobak (Raphanus sativus L.).
  4. Beraturan atau Bersimetri Banyak (polusimetri, regularis, atau actinomorphus), yaitu jika bunga dapat dibuat banyak bidang simetri untuk membagi bunga itu dalam 2 bagiannya yang setangkup. Dilambangkan dengan * (bintang). Misalnya bunga Lilia Gereja (Lilium longiflorum Thunb.).