Helaian Daun (Lamina)

Posted by Nursaptia Purwa Asmara on Sunday, March 01, 2015 with 1 comment
Tumbuhan yang demikian banyak dan ragamnya itu mempunyai daun yang helaiannya berbeda-beda pula, baik mengenai ukuran, maupun warnanya. Tidak mudah untuk menentukan dua jenis tumbuhan-tumbuhan yang helaian daunnya persis sama bentuk dan warnanya. Oleh karena itu walaupun tidak besar nilainya, terutama dalam hal yang meragukan, sering orang membandingkan bentuk helaian daun untuk memperoleh kepastian mengenai jenis tumbuhan yang dihadapi untuk dikenal.

Karena helaian daun merupakan bagian daun yang terpenting dan lekas menarik perhatian, maka perlu suatu sifat yang sesungguhnya hanya berlaku untuk helaiannya, disebut sifat daun. Contoh jika kita mengatakan "daun nangka bangun jorong", sesungguhnya yang jorong itu bukan daunnya, melainkan helaiannya. Dalam uraian ciri-ciri yang seharusnya disebut ciri helaian daun, akan disebut sebagai ciri daun.

Sebatang pohon dapat mempunyai hanya beberapa helai daun saja, misalnya pisang, tetapi dapat pula sebatang pohon mempunya ribuan daun, misalnya pohon beringin (Ficus benjamina L.). Apakah jumlah daun pada suatu tumbuhan banyak atau sedikit, umumnya dapat dikatakan bahwa ciri-ciri daun pada suatu jenis tumbuhan adalah sama satu sama lain, terutama bentuk atau bangun helaiannya. Jika ada perbedaan, maka biasanya hanya mengenai ukurannya atau warnanya (daun yang masih muda biasanya mempunyai warna yang berlainan dengan daun yang telah dewasa).

Meskipun demikian perkecualian tetap ada. Pada tanaman lobak (Raphanus sativus L.) daun-daun yang dekat dengan permukaan tanah tidak hanya lebih besar, tetapi bentuknya pun lain dengan daun-daun yang letaknya jauh dengan tanah. Juga seringkali dapat dilihat bahwa tumbuhan yang masih muda mempunyai bentuk daun yang berbeda dengan setelah menjadi tua. Pohon nangka (Artocarpus integra Merr.) dan pohon benda (Artocarpus elastica Reinw.) waktu muda mempunyai daun yang tepinya bertoreh, sedangkan jika sudah besar daunnya bertepi rata. Suatu tanaman yang memperlihatkan bentuk daun yang berlainan pada satu pohon dikatakan memperlihatkan sifat heterofili, jika masing-masing terdapat pada cabang yang berlainan. Jika pada satu cabang yang sama disebut anisofili.
anisofili pada tanaman lobak

Sifat-sifat daun dapat dipakai sebagai petunjuk untuk mengenal suatu jenis tumbuhan. Sifat-sifat dari helaian daun yang perlu diperhatikan adalah :
  • Bangunnya (sesungguhnya bangun  helaiannya circumscription)
  • Ujungnya (apex)
  • Pangkalnya (basis)
  • Susunan tulang-tulangnya (nervatio atau venatio)
  • Tepinya (margo)
  • Daging daunnya (intervenium)
  • Dan sifat-sifat lain lagi, misalnya : keadaan permukaan atas maupun bahwanya (gundul, berambut, atau lainnya), warna, dll.