Arti Lambang Manchester United

Posted by Nursaptia Purwa Asmara on Wednesday, November 21, 2012 with 33 comments
Manchester United memiliki lambang yang unik. Setiap lambang memiliki arti atau filosofi tersendiri, dan biasanya disesuaikan tujuan sesuatu yang diwakilkan oleh sebuah lambang. Lalu apa arti atau filosofi dari lambang Manchester United Football Club? Berikut akan saya uraikan sedikit arti & filosofinya per bagian, diantaranya tulisan yang mengapit dua bola "MANCHESTER" dibagian atas dan "UNITED" dibagian bawah, kapal dengan empat layar, dan perwujudan karakter devil atau iblis.....
1. Tulisan MANCHESTER UNITED dan Gambar Bola
Tulisan MANCHESTER UNITED menunjukkan nama club, dan gambar bola merupakan bidang yang geluti, yakni sepak bola (seperti nama lengkapnya MANCHESTER UNITED FOOTBALL CLUB).

2. Gambar Kapal Dengan Empat Layar
Gambar kapal diatas merujuk pada lambang kota Manchester seperti dibawah ini, dan lihatlah lambang MU sebelun lambang terbaru.

Filosofinya adalah bahwa dahulu kota Manchester mengalami revolusi industri pada pertengahan abad ke-19, termasuk diantaranya industri perkereta-apian. Revolusi tersebut menyebabkan pertumbuhan perekonomian disana maju pesat. Seiring pesatnya pertumbuhan ekonomi, populasi penduduknya meningkat dari 322.000 jiwa (tahun 1801) menjadi sekitar satu juta jiwa dalam 50 tahun.
Kegiatan export-import dilakukan melalui rel kereta api menuju pelabuhan di kota Liverpool. Karena penduduk Manchester sering "diejek" oleh penduduk Liverpool (terutama suporter LFC ke suporter tim sepak bola Manchester), maka pada tahun 1887-1894 kota Manchester membangun dermaga yang memiliki akses ke laut dengan biaya mencapai 15 juta poundsterling, yaitu berupa kanal-kanal yang panjangnya mencapai 58KM.
Sejak saat itu lambang dewan kota Manchester diubah, yakni dengan ditambahi kapal layar yang menandai bahwa penduduk Manchester mengalami kemakmuran dan terlepas dari ketergantungan pelabuhan di Liverpool.
Nah, gambar kapal di lambang MU mengikuti perubahan lambang kota Manchester dengan menambah karakter iblis di bawahnya.
  
3. Gambar Devil atau Iblis 
Menurut saya, karakter iblis itu terinspirasi dari lambang kota Manchester, tepatnya hewan disebelah kanan, singa. Dengan penambahan garpu rumput agar lebih terlihat "garang"....hahahaha..........  
Terlepas dari kontroversi mengenai perwujudan karakter iblis, saya tidak memaknai apapun tentang hal tersebut. Apakah MU dan suporternya secara tidak sadar adalah satanis, atau agar mendapat kekuatan dari para iblis, atau agar para pemain dapat bermain seperti iblis dan lain-lain.......saya tekankan lagi, seluruhnya saya kembalikan ke anda. Anda dapat menilainya sendiri.
Categories: