Sejarah Pembentukan Manchester United

Posted by Nursaptia Purwa Asmara on Wednesday, November 14, 2012 with No comments


Manchester United pada awal pembentukannya pada tahun 1878 bernama Newton Heath L&YR, yang merupakan tim sepak bola depot dari Perusahaan Kereta Api (KA) Lancashire dan Yorkshire Railway (disingkat L&YR). Warna jersey awal adalah hijau-emas, dan bermain di sebuah lapangan kecil di North Road, dekat stasiun KA Piccadilly Manchester selama 15 tahun.
Pada tahun 1892 Newton Heath L&YR memutuskan hubungannya dengan stasiun KA dan menjadi perusahaan mandiri, juga mengubah nama menjadi Newton Heath Football Club. Kemudian Tahun 1893 pindah ke Bank Street di kota dekat Clayon. 
Pada tahun 1902 tim nyaris bangkrut karena memiliki hutang lebih dari £2500 dan ditutupnya lapangan Bank Street.

Sebelun bubar, tim mendapat investasi dari J.H. Davies, direktur Manchester Breweries. Hal tersebut berawal saat Davies ingin membeli aning Harry Stafford (kapten tim) yang bernama St. Bernard (kemudian menjadi maskot pertama MU tahun 1902-1906). Namun Harry menolaknya dan justru mampu mempengaruhi Davies untuk menanamkan modalnya ke Newton Heath Football Club. Davies kemudian menjadi chairman bagi tim, dan mengadakan rapat untuk mengganti nama klub. Beberapa nama diusulkan seperti Manchester Central dan Manchester Celtic. Louis Rocca (imigran asal Italia) mengusulkan nama Manchester United. Pada 26 April 1902 mana Manchester United resmi digunakan. Davies juga memutuskan mengganti warna tim dari hijau-emas menjadi merah-putih sebagai warna Manchester United.
Categories: