Bunga Majemuk Tipe Lain

Posted by Nursaptia Purwa Asmara on Saturday, March 14, 2015 with 4 comments
Suatu bunga majemuk selain dibedakan dalam tiga golongan (bunga majemuk tak berbatas, bunga majemuk berbatas, dan bunga majemuk campuran), juga ada golongan lain diluar tiga golongan tersebut, diantaranya:
  1. Gubahan Semu atau Karangan Semu (verticillaster). Pada bunga ini tampaknya seperti ibu tangkainya berbuku-buku dan pada buku-bukunya terdapat sejumlah bunga yang tersusun berkarang (melingkari buku-buku), tetapi sesungguhnya pada tempat di ibu tangkai yang sama tinggi ada beberapa cabang yang masing-masing cabang merupakan suatu anak payung. Misalnya pada Bunga Remujung (Orthosiphon stamineus Benth.)
    dan bunga tumbuhan suku Labiatae.
  2. Lembing (anthela), jika cabang-cabang ibu tangkai yang sebelah bawah jauh lebih panjang daripada ibu tangkai dan cabang-cabang yang di atasnya. Misalnya pada Bunga Juncus
    dan Bunga Luzula.
  3. Tukal (glomerulus), yaitu suatu bunga majemuk yang biasanya bersifat berbatas (cymosus), terdiri atas kelompokan bunga-bunga kecil tak bertangkai yang tersusun rapat pada cabang-cabang bunga majemuknya. Misalnya pada Bunga Rami (Boehmeria nivea Gaud.).

  4. Berkas (fasciculus), juga merupakan suatu bunga majemuk yang umumnya bersifat berbatas (cymosus) dengan ibu tangkai pendek, bunga lebih besar daripada bunga pada tukal, mempunyai tangkai yang sama panjang, dan berwarna menarik. Misalnya pada Bunga Jadam (Rhoeo discolor  Hance).